Cara Membuat Kartu Anggota BPJS di Yogyakarta

Sebenarnya proses pembuatan kartu bpjs bisa lebih cepat secara online. Tetapi karena coba input data kk di web tidak update jadi kasusnya anggota keluarga yg sudah pisah kk masih tercantum , jadi terpaksa saya harus mendaftar secara manual .

Untuk itu Posting kali ini saya share cara membuat kartu BPJS untuk pribadi ( Pekerja Bukan Penerima Upah ) berdasarkan pengalaman bikin sendiri kemarin. Langsung saja persyaratan mendaftar BPJS yang perlu di bawa.
  • KTP ( Akta kelahiran bagi yang belum memiliki )  dan KK Asli Semua anggota keluarga yang ingin di daftarkan
  • Fotocopy ktp
  • Fotocopy kk
  • Pas foto ukuran 3x4 warna 1 buah saja
  • Fotocopy buku tabungan ( khusus hanya yang mendaftar kelas 1 )
  • Dokumen lain jika anda ikut dengan program lain seperti jamkesda atau askes.
Persiapan lain
- alat tulis ballpoint serta lem untuk menempel foto jika perlu agar mempercepat proses pendaftaran nanti karena isi form secara manual
- bawa bekal minum atau makanan ringan karena proses antrian yang cukup lama , serta di cabang bpjs tidak ada kantin hanya pedagang asongan yg belum tentu ada.

Untuk membuat kartu BPJS pribadi / umum bukan pekerja penwrima gaji di jogja anda silahkan datang langsung ke kantor cabang BPJS di Jalan Gedongkuning. Atau bisa datang ke cabang BPJS lain terdekat, tapi saya merekomendadikan di situ karena petugasnya lebih banyak jadi antrian tidak begitu penuh di banding cabang lain sepert di dekat RS murangan untuk yang di daerah sleman. Perlu diperhatikan usahakanlah datang pagi , karena semakin siang antrian semakin pajang dan maksimal pengambilan nomor antrian hanya sampai jam 14:00. Pengalaman kemari untuk antri 10 nomor butuh waktu 5 jam untuk menunggu panggilan.

Kantor BPJS Yogyakarta

- Sesampai di lokasi silahkan langsung hubungi satpam yang berdiri di komputer loket antrian dan menyampaikan keperluan untuk membuat kartu bpjs
- Anda akan mendapat satu lembar form yang dapat di gunakan untuk 5 anggota keluarga sekaligus. Serta nomor antrian dengan Kode "X" untuk proses edukasi. Ruang edukasi ini berada di bagian paling timur gedung . Di edukasi ini gunanya untuk memberikan penjelasan mengenai program bpjs dan pengecekan kelengkapan verifikasi berkas syarat untuk permohonan pembuatan kartu BPJS.

Contoh Formulir Pendaftaran BPJS

- Langkah selanjutnya Lihar daftar faskes ( Fasilitas Kesehatan ) yang terdekat dengan daerah anda tinggal. Daftar faskes bisa dilihat di papan pengumuman depan kantor bpjs sisi timur. Atau anda bisa lihat langsung dari sekarang daftar faskes BPJS melalu website Daftar Faskes BPJS  . Faskes terdapat keterangan nama puskesmas atau klink bidan, praktek dokter pribadi, dan kode faskes. Segera isi form dengan lengkap beserta faskes yang sudah anda pilih tadi.
- Tunggu panggilan di ruang edukasi , sembari menunggu anda dapat mengisi fotm pendapftaran. Setelah dokumen di periksa petugas bagian edukasi anda akan mendapat nomor antrian dengan kode " U "untuk proses input data form anda tadi. Selanjutnya pindah ke ruangan antrian di dalam gedung cabang untuk menunggu di panggil proaes input data.

Setelah input data selesai anda akan mendapat nomor virtual akun untuk pembayaran iuran pertama 14 hari setelah input data ini. Jadi kartu BPJS juga baru bisa di ambil 14 hari setelah proses pendaftaran ini.

Nomor Virtual Account Kartu BPJS kesehatan


Proses terakhir adalah pengambilan kartu serta pembayaran iuran peraman kali. Proses ini jg di lakukan di kantor cabang BPJS yang sama. Perlu di siapkan bawa dokumen yang telah si isi kemarin serta kartu atm bri bagi yg punya . Untuk pembayaran langsung saja menuju loket pembayaran tepatnaya setelah pintu masuk utama lurus aja di bagian kanan . Atau anda bisa bayar secara langsung di bank atau indomart . Setelah selesai bayar silahkan minta nomor antrian untuk pengambilan kartu ke satpam. Dan proses pengambilan juga memakan waktu lama karena antrian cukup panjang. Perlu di perhatikan karena siatem BPJS sendirir sering offline maka persiapkan kartu atm bri bagi yang punya . Karena jika offline tidak bisa membayar secara tunai. Maka penbayaran dilakukan secara elektronik. Menggunakann alat edc .

Seperti itulah proses pembuatan kartu BPJS di yogyakarya. Semoga artikel ini dapat memudahkan saat proses pendaftaran nanti. Dan jika perlu share kepada teman2 anda yang ingin membuat kartu BPJS .

Informasi Tambahan :
Besaran Iuran Peserta Untuk :
Kelas 1 Rp 59.500,00 / jiwa / bulan
Kelas 2 Rp 42.500,00 / jiwa / bulan
Kelas 3 Rp 25.500,00 / jiwa / bulan

Nomor kontak / hotline yang bisa di hubungi untuk kantor cabang BPJS yogyakarta : 
08156579780

1 komentar:

  1. Semoga Program BPJS membantu kesehatan masyarakat Indonesia.

    BalasHapus

Cara Memilih Influencer Tiktok Sebelum Kasih Sample

Di tiktok untuk mendapat traffic kunjungan ke produk ada 3 cara. 1. bikin konten , dengan memposting video tiktok di profil dan menyematkan ...