Bukan bearti sama sekali ngga boleh ngeluh.
Karena kadang kita mengalami hal yang tidak bisa kendali dan ada yang bisa di kontrol
Karena mengeluh udh bawaan dari bayi , klo mau susu harus nangis dlu baru di kasih jadi kebawa sampai dewasa.
Gunakan keluhan untuk pendorong perubahan
80% orang ngga peduli
20% orang seneng lihat kamu susah , tapi susah melihat klo kamu sukses .
Keluhan tidak hanya dipandang dari sisi negatif, sebagai contoh kalo kita dapat keluhan dari konsumen bisa gunakan sebagai acuan untuk memperbaiki layanan bisnis kita.
1. Manusia terbiasa negatif, lebih cepat tertarik sama hal yang negatif.
2. Mengeluh yang sehat ,
- mindless complaint hanya fokus ke masalah
- Justified complain : mengeluh dan mencari solusinya
3. Cara Berhenti Mengeluh
- No complaining day : sehari tidak boleh ngeluh sama sekali
- The But ( tapi ), klo ngeluh tambah tetapi . Jualan saya sepi gara-gara pada banting harga , tapi yang banting harga belum tentu bisa bertahan
Jangan fokus pada kata harus , misal.
Saya harus bekerja
Saya harus menyelesaikan ini
Fokus pada rasa syukur, nanti cara pandangmu pada hidup akan berubah
- Mengubah keluhan jadi solusi , keluhan yang sering kita alami jadi tau apa masalah sebenernya yg terjadi dan menemukan solusinya
Dalam hidup selalu ada pilihan
- apakah kamu mengeluh karena ngga berdaya
- atau gunakan keluhan untuk peluang jadi perubahan yang lebih baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar